Kemah Alam 2017




A.     PENDAHULUAN
Sekolah merupakan suatu lembaga yang berorientasi mengembangkan potensi peserta didiknya. Sekolah harus bekerja sama dengan keluarga, lingkungan, organisasi, dan lembaga-lembaga lain yang hidup di masyarakat. Sekolah harus bertanggungjawab mengenai hasil proses sosialisasi yang berlangsung di luar sekolah selama yang bersangkutan menjadi pelajar di sana. Tidak hanya potensi kognitif, afektif dan psikomotor, tetapi potensi anak secara keseluruhan. Kapasitas potensi seorang anak tentunya tidak akan seluruhnya terakomodir oleh sistem pembelajaran yang digelutinya. Karena kita sadar bahwa potensi anak merupakan dimensi yang sangat kompleks dan terus berkembang.
Menyadari hal tersebut, upaya mengembangkan potensi anak menjadi upaya yang mesti dilakukan secara berkesinambungan tanpa memberi batasan-batasan kaku tentang kapasitas potensi seorang anak. Konsep pembelajaran terintegrasi  merupakan salah satu upaya mengembangkan potensi anak secara keseluruhan dengan  membuka peluang seluas mungkin kepada anak untuk mengekspresikan dirinya. Kesempatan anak menemukan potensi dirinya akan terbuka manakala peluang itu kita wujudkan dalam berbagai dimensi pembelajaran. Pembelajaran yang variatif akan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada anak untuk menyadari kemampuannya yang khas, sehingga berpeluang untuk berkembang lebih jauh dan lebih pesat lagi.
MTs Asih Putera melalui kegiatan “Kemah Alam 2017” berupaya memberikan kesempatan dan peluang kepada seluruh siswanya untuk mengembangkan segala potensi yang dimilkinya. Kemah Alam merupakan pola pembelajaran yang lebih berdimensi faktual dan diharapkan mampu menghadirkan nuansa pembelajaran yang lebih variatif dan lebih nyata untuk menumbuhkan kemandirian dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

B.      TUJUAN DAN METODE PELAKSANAAN
       Tujuan :
              a.      Membentuk pribadi yang survive di alam bebas maupun di masyarakat
               b.      Membangun kemandirian dan kedisiplinan
               c.       Memupuk rasa tanggungjawab dan sikap kerjasama
               d.      Memupuk jiwa kepemimpinan dan keprajuritan
               e.      Menumbuhkan kecintaan terhadap sesame dan alam semesta
             Metode/Bentuk Kegiatan
             a.      Berkemah
             b.      Lintas alam/hiking
             c.       Out bound
              d.      Simulasi kelompok
             e.      Solo bivac/muhasabah
             f.        Pemberian proyek
              g.      Penugasan individu dan kelompok
              h.      Lomba memasak
             i.        Pentas kreasi kelompok 
              j.        Pembekalan materi dan game

C.      TEMA KEGIATAN

“Lumampah Tong Saukur Ngalengkah

Related Posts

Previous
Next Post »