Sejarah Internet

PENGETAHUAN DASAR INTERNET DAN INTRANET

A. PENDAHULUAN
Internet sudah merambah berbagai bidang kehidupan, baik bidang sosial, budaya, ekonomi, teknologi, militer maupun pendidikan. Dengan menggunakan internet orang melakukan pekerjaan, menghasilkan uang, mencurahkan isi hati dan lain sebagainya. Dengan kata lain internet sudah menjadi bagian hidup sehari-hari.

B. INTERNET
1. Pengertian Internet
Istilah internet sendiri merupakan singkatan dari interconnected networking.
Internet berasal dari kata International Network [Williams & Sawyer,2011].
Jadi definisi internet adalah kumpulan jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung diseluruh dunia secara global.

Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu. (bebas tapi bertanggungjawab).

2. Sejarah Internet

Pada era 1960-an, ada kekhawatiran Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini mendorong dimulainya penelitian kemungkinan menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam satu jaringan yang memungkinkan komputer saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency), pada bulan oktober 1962 dengan ketua program pertama yaitu Josep Licklider.

Related Posts

Previous
Next Post »